Selamat Datang di Portal Sekolah Dasar Negeri Temu I

Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SDN Temu I

Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka Di SDN Temu I
      Untuk menanamkan sikap disiplin, jujur, mandiri, dan tanggun jawab, seluruh siswa SDN Temu I mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jum'at sore di halaman Sekolah.


      Kakak pembina dari Gudep SDN Temu I ini adalah Bapak Pambudi, S.Pd.SD (Kak Budi). Kak budi adalah salah satu kakak pembina yang telah mengantongi sertifikat KML (Kursus Mahir Lanjutan) sejak tahun 2009 lalu. Materi yang sering diberikan olek Kak Budi meliputi,  Baris berbaris, Tali temali, bekerja sama, Bhakti Sosial, Jujur, Percaya diri, Sopan dan masih banyak lagi. Materi diberikan dalam berbagai bentuk kegiatan di lapangan (alam terbuka). 

     Pada kesempatan tertentu, Kadang Kak Budi juga mengajak seluruh anggota pramukan untuk Penjelajahan dan Bhakti Sosial, Kegiatan ini sangat menyenangkan dan menantang. Siswa diajak untuk menjelajahi medan di lingkungan sekitar, sekaligus untuk menanamkan rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan, Kak Budi juga mengajak Bhakti Sosial. Kegiatan Bhakti Sosial ini berbagai macam, Kak Budi Pernah mengajak anggota pramuka untuk mengunjungi rumah-rumah warga yang keadaan ekonominya sangat kurang. Di rumah warga tersebut siswa diajak untuk melakukan wawancara dengan pemilik rumah dan mencatat hasilnya. Banyak hal yang ditanyakan, meliputi pekerjaan apa, penghasilannya berapa, tinggal bersama siapa? dan lain-lain. Setelah mewawancarai dan mencatat hasil wawancara, kemudian anggota pramuka diajak untuk memberikan sedikit sumbangan dari Dana Sosial yang dihimpun oleh setiap anggota pramuka secara sukarela. Pada Kegiatan Bhakti sosial semacam ini, anggota pramuka diajarkann sekaligus ditanamkan rasa peduli terhadap sesama dan tolong menolong. Banyak siswa yang tersentuh hatinya ketika mengunjungi rumah warga yang menjadi sasarann bhakti sosial.

     Selain mengunjungi rumah warga, Bhakti Sosial juga pernah dilaksanakan di masjid. Kali ini Kak Budi bekerja sama dengan Takmir Masjid Al-Ikhlas Ndono. Pada Kegiatan ini Kak Budi mengajak seluruh anggota untuk ikut membersihkan lingkungan Masjid yang biasanya dilakukan oleh takmir masjid tersebut setiap hari Kamis pagi. Kegiatan yang dilakukan ini meliputi Ngepel Lantai, Membersihkan Kaca, dan membersihkan sampah di depan halaman masjid. Di akhir kegiatan seluruh anggota pramuka bersalaman dengan takmir masjid dan memberikan sedikit bantuan berupa alat perlengkapan membersihkan masjid, dana bantuan ini dihimpun dari iuran dana sosial sukarela seluruh anggota pramuka...

Hebat Anggota Pramuka SDN Temu I..

      Semoga dengan kegiatan ini menjadikan seluruh anggota pramuka di gudep ini lebih handal, tanggung, dan berkarakter sesuai dengan Tri Dharma dan Dasa Dharma Pramuka.

Pramuka Temu I Joooooooossssss....

Share this post :

Posting Komentar

 
Supported By Pambudi,S.Pd: Copyright © 2014. SDN TEMU I - All Rights Reserved
Template by Pambudi,S.Pd.SD Published by Budy Desain
Created by Pambudi, S.Pd.SD